Mobil Formula E versus Pemakai Skincare, Siapa Lebih Ecofriendly

Anies Baswedan dan Joko Widodo

Sebelum pandemi Covid-19 menyerang, orang Indonesia sidang bising-bisingnya memperdebatkan rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar balapan Formula E.

Seperti biasa, perdebatan warganet Indonesia adalah perdebatan orang-orang buta nalar. Bukan karena sejatinya kita tak pandai. Bukan. Problemnya, karena sudut pandang kita sudah bias politik dukung-mendukung.

Para pendukung Jokowi atau pendukung Ganjar Pranowo (untuk pilpres 2024) akan menghujat apapun kebijakan Anies. Mereka tidak perlu berpikir dua kali, bahkan sama sekali tak perlu berpikir untuk sikap tersebut.

Demikian pula sebaliknya. Para pendukung Anies dan penentang lawan-lawan Anis, akan setia memberi sorak sorai dukungan terhadap apapun yang Anies Baswedan lakukan.

Nah, terkait rencana gelaran balapan Formula E, tidak banyak yang menimbang kepentingan acara itu dari sisi kampanye energi bersih dan lingkungan hidup sehat.

Tahukah Anda, energi yang digunakan mobil-mobil balap Formula E itu lebih ramah lingkungan dibandingkan produk Skincare yang kekasih Anda gunakan?


Saya menulisnya Februari 2020 lalu.

Semoga berkenan.

Komentar

Postingan Populer